Monday 11 April 2011

Darbee's Camp 2011

Siswa-siswi kelas satu dan dua SMPIT Darbi melaksanakan kegiatan Darbee's Camp 2011, 31 Mei-1 April 2011. Kegiaan camping dan bermain di alam dan air terjun yang berisikan acara yang sangat menarik dan menantang, membuat seluruh siswa memaksa adrenaline-nya berdegup kencang. 

Disambut dengan dingin dan sejuknya alam pegunungan, serta dikelilingi oleh indahnya pepohonan, dan suara gemericik air terjun yang dingin dan menyegarkan. Siswa-siswi bergerak dan berjalan penuh dengan semangat  dan gagahnya, kendati membawa berbagai perlengkapan dan peralatan yang amat berat, ditambah dengan bahan sembako yang segera diberikan ke warga sekitar, sebagai bakti sosial siswa-siswi SMPIT Darbi melalui kerjasama OSIS dan Rumah Berbagi Darbi.

Acara pertama yakni, upacara pembukaan yang dibuka langsung oleh Ibu Endah Tri Kusumawati, M.Pd. selaku Kepala SMPIT Darbi dengan basmallah dan pekikkan takbir acarapun dibuka dengan meriah. Selanjutnya siswa-siswi dipersilakan untuk mengemasi berbagai barang dan perlengkapan ke tenda masing-masing kelompok, setelah itu istirahat, makan, dan sholat jamak qoshor Dzuhur dan Ashar. 

Selanjutnya acara outbond di air terjun dengan berbagai permainan menantang, diantaranya permainan konsentrasi, flying fox, melompat di ketinggian 2,5 Meter, dan mengarungi air terjun. Serta dengan permainan gegana, dan problem solving dengan tali diikat. Berbagai kegiatan dan permainan dimaksudkan untuk menggali kedisiplinan, keberanian, kekompakkan, jujur, tanggung jawab, dan setia kawan. Walaupun saat acara diguyur hujan hingga akhir acara, tapi tak menyurutkan siswa-siswi untuk menyelesaikan kegiatannya.

Selesai pukul 17.00 WIB, siswa-siswi dipersilakan untuk bersih-bersih ditempat yang telah disediakan, mandi cuci kaki, dan istirahat sejenak ditemani kopi dan teh jahe hangat membuat suasana terasa akrab dan bersahabat.

Selanjutnya acara diteruskan dengan sholat jamak qoshor maghrib dan isya, dan diadakan evaluasi juga spontanitas dan lomba di aula laki-laki dan perempuan. Permainan dengan balon menjadi acara favorit, karena lucu dan menarik membuat seluruh siswa tertawa dan mengeluarkan senyum manisnya. hehehe....

kegiatan selanjutnya adalah tidur dan beristirahat, untuk bersiap kembali pada pukul 04.00 subuh dibangunkan untuk melaksanakan tafakur alam di malam hari. Menyusuri hutan yang gelap dipisahkan dari teman-teman, karena siswa-siswi sangat banyak hingga tempat yang luaspun menjadi sempit...hehehe...

Setelah itu, mereka dipersilakan untuk sholat subuh berjama'ah dan membaca al ma'tsurat. Kemudian kembali ke tenda untuk berkemas, mandi dan istirahat serta sarapan pagi dengan nasi goreng yang sudah menunggu sejak dini hari. Selanjutnya, mereka dikumpulkan di tanah lapang dan menerima wejangan, serta melaksanakan stretching atau pemanasan, karena acara berikutnya adalah Jungle Track (menjelajahi hutan), dan River Track (menjelajahi sungai). Serta di pos akhir dari tantangan mereka adalah melompati air terjun setinggi 5 hingga 7 meter. Alhamdulillah, seluruh siswa maupun siswi dapat menerima tantangan ini dengan baik, yakni berhasil melompati air terjun "Curug Naga, dan Curug Barong".

Berikutnya mereka dipersilakan untuk mandi, istriahat, dan  makan siang serta penyerahan bakti sosial oleh perwakilan OSIS Darbi dan Rumah Berbagi Darbi. Acara ditutup oleh Bu. Endah dengan pekikkan takbir dan lafadz hamdallah. Semoga seluruh rangakaian acara bermanfaat dan menjadi pengalaman berharga bagi semua siswa, dan juga guru pembina, menjadi amal sholeh dan pemberat timbangan pahala. Amiin. Sampai jumpa di Darbee's camp 2012.... Adios...

No comments:

Post a Comment