Monday 1 November 2010

Program Unggulan

Kurikulum Riset
Kegiatan riset (penelitian) diarahkan sebagai upaya agar para siswa dapat belajar dengan lebih bermakna dan bukan saja menjadi tahu apa tujuan belajar tapi juga dapat memberikan nilai manfaat dari apa yang dipelajari kepada lingkungan sekitarnya. Berbagai kegiatan penelitian pun akan dilakukan oleh para siswa. Diharapkan dari kegiatan ini siswa akan mengenal metode ilmiah, mampu menemukan dan mengidentifikasikanmasalah, bisa menyusun topik riset, menyusun proposal ilmiah dan penulisan ilmiah, dan pada akhirnya terbiasa melakukan presentasi ilmiah yang merupakan tingkat kemampuan intelektual tertinggi.
Dan sebagai hasil dari kegiatan belajar mereka tersebut, maka disusunlah sebuah portofolio sebagai Collection of Learning Experiences berupa pengetahuan, keterampilan, dan value. Di mana hasil portofolio ini
akan dipresentasikan dalam kegiatan Show Case di penghujung tahun.

Portfolio
SMPIT Darul Abidin menerapkan portofolio dalam proses pembelajarannya. Bentuk portofolio yang dilakukan di SMPIT Darul Abidin meliputi : Portfolio Based Assessment dan Portfolio Based Learning.Portfolio Based Assessment bertujuan untuk melakukan assessment dan evaluasi terhadap proses pembelajaran seorang siswa maupun seluruh kelas. Sedangkan Portfolio Based Learning akan disandingkan dengan kegiatan riset. Dengan demikian akan terwujud kondisi pembelajaran yang efektif dan di sisi lain memiliki hasil yang akurat dan dapat dipercaya.Ada yang kurang dari menjadi individu yang berkarakter.

Teknologi Informasi
Penguasaan teknologi informasi tak bisa dihindari lagi jika kita ingin masuk ke dalam kancah persaingan global. SMPIT Darul Abidin merancang sebuah kompetensi dasar penguasaan teknologi (Technology Competency) yang meliputi kemampuan menggunakan peralatan teknologi informasi (terutama komputer) dan kemampuan memanfaatkannya sebagai alat untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan diri.
Para siswa diharapkan akan terbiasa melakukan penelusuran informasi baik di internet maupun dari CDROM dan berbagai media lain dan dilatih untuk memunculkan ilmu pengetahuan yang baru.

SMPIT Darul Abidin juga mengembangkan berbagai sarana penunjang belajar berbasis internet seperti Sistim Informasi Akademik dan Administrasi via Internet, Portal akademik sekolah,teleconference, dan Website sekolah.

Kurikulum Al Qur’an
Salah satu ciri cendikiawan muslim sejak dahulu adalah mereka selain seorang ilmuwan/ ‘ulama, juga seorang penghafal Qur’an. Tengoklah sosok Abu Ali al Husain ibn Abdallah ibn Sina atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibnu Sina (Avicenna) yang merupakan ilmuwan kedokteran ternyata juga seorang penghafal Qur’an.
Salah satu metode menghafal qur’an adalah dengan mengerti alur dan arti dari apa yang dibaca/dihafalnya. Maka kami memadukan Tahfidz Al Qur’an dengan kemampuan Tarjamah Al Qur’an. 

Dengan menguasai ilmu Tarjamah, diharapkan siswa dapat mengartikan seluruh bacaan Al Qur’an, sehingga kegiatan menghafal (tahfidzul) Al Qur’an menjadi lebih mudah dan efektif.English as Second Language menjadi salah satu program penting di SMPIT Darul Abidin.

Applied Management
Salah satu hal terpenting namun sering terabaikan dalam proses belajar mengajar adalah membekali para siswa dengan keterampilan yang membuat mereka siap dan cakap dalam belajar!

Contoh sederhana adalah siswa yang mengalami kesulitan ketika guru menugaskan mereka membaca beberapa buku dalam waktu sehari. Kita tidak bisa menyalahkan siswa yang tidak bisa dengan mudah banyak membaca dalam waktu singkat, karena kita memang tidak membekali mereka dengan keterampilan membaca cepat.

Beberapa keterampilan lain yang akan diajarkan adalah : Teknik Berpikir, Konsep Diri, Leadership, Manajemen Waktu, Teknik Presentasi, dll.

Character Building
Ada yang kurang dari sebuah sistim pendidikan jika seorang peserta didik tidak memiliki standar karakter berupa nilai (value) yang baik menurut norma masyarakat, apalagi jika tidak sesuai dengan nilai-nilai Allah Swt.

Oleh karenanya, SMPIT Darul Abidin berupaya membuat sebuah standar perilaku/karakter yang dapat mencerminkan nilai-nilai luhur ajaran Islam.

Semua itu dikemas dalam sebuah kurikulum terpadu yang sistematis dan berjenjang mulai dari tingkat playgroup, sekolah dasar, hingga SMP. Pada saat siswa memasuki tingkat SMA, diharapkan mereka telah menjadi individu yang berkarakter. 

Native Program : Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua

English as Second Language menjadi salah satu program penting di SMPIT Darul Abidin. Kami tak bisa memungkiri, bahwa keterampilan berbahasa inggris menjadi salah satu kunci pembuka khazanah ilmu-ilmu modern yang banyak disadur ke dalam bahasa inggris dan sebagai bahasa pengantar utama interaksi dengan komunitas global.

Terlebih dengan banyaknya penggunaan komputer dan internet dalam proses belajar mengajar, menjadikan keterampilan dalam bahasa inggris suatu kebutuhan yang tidak bisa ditunda-tunda lagi. Untuk lebih menimbulkan semangat dan rasa percaya diri siswa dalam berbahasa inggris, kami menjadwalkan kehadiran native dari berbagai negara penutur bahasa inggris, secara teratur sepanjang tahun. 

Diharapkan siswa sudah terbiasa menggunakan bahasa inggris pada tahun ke dua di sekolah.

No comments:

Post a Comment