Tuesday 7 December 2010

Makan-makan yuk di kelas Bimbingan Konseling!


K
ok bisa sih? Tentu dong! Apa sih yang ga bisa dilakukan di kelas Bimbingan Konseling? (Wakaka...narsis!). Setelah pekan sebelumnya teman-teman kelas VII Cordova A, B, dan C menunjukkan bakatnya di kelas, nah kali ini teman-teman sedang belajar tentang “Makanan Sehat dan Tidak Sehat”. Pertanyaan yang terlontar adalah “Makanan sehat itu apa sih? Trus kalau yang tidak sehat itu yang bagaimana? Apakah makanan yang mahal pasti sehat? Apakah makanan yang sehat itu harus mahal?”
                Nah, untuk menjawab berbagai pertanyaan ini, teman-teman VII Cordova diminta untuk menyusun menu yang sehat dan tidak sehat secara berkelompok. Ternyata teman-teman sangat bersemangat! Setelah menyusun menu dan membawa makanan yang menjadi tugasnya, teman-teman secara individu diminta untuk mempresentasikan kandungan gizi, manfaat, atau keburukan makanan yang dibawanya.
“Pisang sangat baik bagi pencernaan….” Kata Umar memulai presentasinya

                Subhanallah…..ternyata teman-teman sangat hebat dan sangat mempersiapkan presentasinya. Muhammad Nauval (VII Cordova A) dengan lancar menjelaskan manfaat jamur yang mengandung vitamin E untuk kesehatan kulit dan jamur juga dapat mencegah penyakit beri-beri.
                Haekal Baskororeforma (VII Cordova C) mempresentasikan manfaat coklat bagi tubuh. Ternyata, coklat bisa memperbaiki mood seseorang karena kandungan phenylethylamine dalam coklat dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagia. Namun, jika coklat dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan gigi bolong, batuk, dan kegemukan.

                Dari kelas VII Cordova B, Byan dengan sangat percaya diri mempresentasikan kandungan gizi makanan yang dibawanya, ikan gurame goreng! “Ikan sangat baik bagi pertumbuhan otak, namun lemak dalam minyak goreng membuat penyakit kolesterol dan darah tinggi jika dikonsumsi secara berlebihan, “ begitu kata Byan.
“Ikan gurame ini aku yang bumbui loh...”

                Teman kita Bagas dari VII Cordova C membawa tempe dan tahu. Bagas dengan sangat baik menceritakan kandungan protein  tempe dan tahu yang berguna untuk memperbaiki sel-sel tubuh. Labib (VII Cordova C) menceritakan sambal terasinya yang kaya akan vitamin C untuk daya tahan tubuh.
Nah, di akhir kelas, tibalah saat yang ditunggu-tunggu! Makan bareng! Teman-teman di kelas VII A, B, dan C dengan semangat menyantap makanan yang mereka bawa. Tapi, tidak lupa berbagi dengan teman-teman yang lain ya.....
                Ternyata...makanan yang sehat itu tidak harus mahal ya? Ada tahu, tempe, jamur, bahkan sambal terasi! Dan, makanan yang mahal tidak semuanya sehat loh. Apalagi jika dikonsumsi berlebihan, seperti coklat. Emmmm….ada apa lagi ya di kelas Bimbingan Konseling? Kita tunggu saja ya!
“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertakwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya” (QS: Al Maidah : 88)

No comments:

Post a Comment