Tuesday 2 October 2012

Tingkatkan Kreatifitas Siswa Lewat Kelas SBK

Guna mengembangkan prestasi siswa diluar pendidikan akademik, SMPIT Darul Abidin membuka kelas Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) sebagai wadah kreatifitas para siswa dalam menyalurkan minat dan bakatnya. Kepala SMPIT Darul Abidin, Nurul Badriyah menjelaskan, pembagian kelas SBK ini dibagi menjadi delapan kelas, seperti seni rupa murni, seni rupa terapan, seni musik dan vocal, seni budaya teater, seni kaligrafi, dan seni fotografi. Kelas SBK ini diikuti oleh seluruh siswa SMPIT mulai dari kelas 7 sampai kelas 9.


“Seluruh siswa mengikuti kelas SBK ini, namun untuk semester kedua, siswa kelas 9 tidak lagi mengikuti kelas ini, karena diharuskan fokus untuk persiapan Ujian Nasional,” terangnya kepada depoklik Kamis (6/9).  Nurul menambahkan, kelas SBK ini hanya ada satu kali dalam seminggu, yakni pada hari kamis, dari pukul 13.00-15.00 WIB. Ia menjelaskan, satu kelas SBK diisi oleh 16-18 siswa yang dipilih oleh guru pembimbing berdasarkan minat siswanya.
“Siswa yang dinilai baik akan dipilih sebagai mentor di kelas tersebut agar dapat menjadi panutan atau motivasi siswa lainnya,” jelasnya. Lebih lanjut Nurul menjelaskan, saat siswa putra mengikuti kelas SBK, siswi putrinya mengikuti kelas mentoring, dan berlaku sebaliknya, kedua kelas ini masing-masing berdurasi satu jam.

“Kelas mentoring yaitu kelas yang diisi oleh kegiatan keagamaan yang dipandu oleh satu guru.  Siswa dituntun membaca Al-Quran, Tilawah bersama dan ditutup dengan sesi curhat para siswa,” ungkapnya. Kedepannya Nurul berharap, dengan adanya kelas SBK ini, para siswa menjadi lebih kreatif dan dapat menghasilkan suatu karya yang lebih baik lagi.

“Kami berharap, nantinya siswa SBK dari kelas mana pun dapat menunjukan hasil karya di acara sekolah seperti pada tahun lalu, siswa kelas teater menyumbang sebuah drama pada saat acara sekolah dan siswa kaligrafi hasilnya dilelang dalam kegiatan bakti sosial,” tutupnya.
Hesty Dimalia
Foto : HD

No comments:

Post a Comment