Monday 20 February 2012

Bedah Ikan yuks....


“Ibu kapan kita bedah binatang yang lain?” (Shared by : Hermin Indah Agustin)
Itulah pertanyaan yang diajukan oleh salah satu siswaku setelah kami melakukan praktikum biologi dengan tema objek pengamatan dengan melakukan pembedahan. Namun ada pula siswa yang berkomentar lain,      “ Kasihan ikannya , ibu..”.Semua boleh mengungkapkan pendapatnya, tapi sang ikan harus tetap di bedah, sayang.
Ketika organ bagian dalam ikan sudah terlihat, siswa mulai mencocokkan dengan literature yang ada untuk menentukan nama organ bagian dalam ikan. Bukan hal yang mudah, karena tidak sama persis dengan yang ada di literatur.Tetapi mereka tetap antusias "mengobrak abrik” isi perut ikan sampai menemukan organ yang dicari. Tidak hanya sampai disitu, siswa harus mengisi lembar praktik IPA yang berisi  tujuan, alat dan bahan ,langkah kerja dan menggambarkan organ dalam ikan berdasarkan observasi. Setelah itu mereka secara lisan juga menjelaskan hasil observasinya kepada guru.
Ada banyak pendekatan dalam mengkaji konsep-konsep biologi, diantaranya dengan kegiatan praktikum. Pembelajaran biologi tidak lepas dengan kegiatan praktikum, dikarenakan hal di bawah ini:
1.       Banyaknya konsep abstrak dalam biologi yang harus dimengerti. Dengan kegiatan praktikum ini konsep abstrak tersebut dapat dipahami dengan mudah.
2.       Biologi merupakan ilmu pengetahuan tentang suatu hal yang hidup oleh karena itu didalamnya tersusun atas banyak teori-teori tentang kehidupan, untuk membuktikan kebenaran teori tersebut maka kegiatan praktikum dilaksanakan.
3.       Sarana pengambilan data suatu peristiwa biologi, dan sebagainya.

Adapun tujuan dilakukan kegiatan praktikum itu sendiri adalah;
1.       Untuk melatih ketrampilan-ketrampilan yang dibutuhkan oleh siswa
2.       Memberikan kesempatan untuk menerapkan dan mengintegrasikan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki secara nyata dan praktik
3.       Membuktikan segala sesuatu secara ilmiah atau melakukan scientific inquiry
4.       Menghargai ilmu dan ketrampilan yang dimiliki

"Ibu, Kapan kita bedah ikan lagi"!!!! Teriak seorang siswaku...

        

Add caption

1 comment:

  1. Subhanallah.... tetap tampilkan yang terbaik ya bu iin...

    ReplyDelete