Tuesday 8 February 2011

APOTIK HIDUP 8 ANDALUSIA

Cangkul….cangkul…..cangkul yang dalam…….mari menanam di kebun kita…

InsyaAllah sekitar 6 bulan lagi, kelas 8 Andalusia SMPIT Darul Abidin akan panen kencur, jahe, lengkuas, bawang merah, tomat, cabe merah, temulawak, sereh dan kunyit. Untuk jeruk nipis mungkin memerlukan waktu lebih lama dari tanaman lainnya. Pada semester 2 ini, kelas 8 Andalusia memang memiliki proyek riset ‘apotik hidup’.
Dalam proyek risetnya, setiap kelompok siswa menanam 1 jenis tanaman yang termasuk dalam apotik hidup. Sebelum kegiatan penanaman bibit, setiap kelompok siswa mempersiapkan papan nama tanaman yang akan di tanam. Papan nama tersebut berisi nama latin/ilmiah dan nama Indonesia tanaman tersebut. Setiap kelompok siswa menanam bibit di lahan yang telah disediakan dan diberi 15—20 bibit tanaman.
Sebelumnya, siswa diberi petunjuk umum oleh guru mata pelajaran riset tentang cara menanam yang baik dan siswapun telah diminta untuk mencari informasi mengenai tanaman yang akan ditanamnya melalui internet. Ketika mempraktekkannya dilapangan, siswa diberi kebebasan untuk berkreasi dalam teknis penanamannya dari mulai pencangkulan lahan sampai pengaturan jarak bibit yang ditanam.
Setelah proses penanaman selesai, setiap kelompok menancapkan papan nama yang telah dibuat
Ketika menanam bibit, para siswa Siswa secara berkelompok melakukan piket untuk menyiram dan memupuk tanaman dengan kompos cair yang dihasilkan dari proyek riset kelas 7 Cordova . Para siswa dapat melaksanakan piket ketika istirahat atau setelah pulang sholat Ashar.  Semoga proyek riset ini bisa berkontribusi dalam mengurangi pemasan global dan senambah pemahaman siswa dalam hal tanaman obat khususnya obat-obat yang berbahan dasar dari alam.
Menanam Cabai Merah ...

Siswa kelas 7 SMPIT Darul Abidin sedang menanam benih...
Ibu. Dona sedang membimbing putra-putrinya untuk menanam Tanaman Obat (Apotik Hidup)

No comments:

Post a Comment