Monday 16 July 2012

Ta’aruf Nilai-Nilai, Kebiasaan dan Persahabatan di SMPIT Darul Abidin

by Imam Sapargo

16 – 17 Juli 2012 

Adalah momen penting bagi SMPIT Darul Abidin untuk melanjutkan peran sejarahnya dalam melahirkan dan mempersiapkan generasi Rabbani yang siap pada kemajaun teknologi dan informasi zaman ini. Dimana dalam 2 hari tersebut dilaksanakan kegiatan ta’aruf yang diperuntukan bagi seluruh siswa – siswi baru yang tentunya dengan latar belakang sekolah dasar yang berbeda-beda.

Ta’aruf sendiri merupakan kegiatan silaturahmi, silaturahmi dengan lingkungan baru, suasana baru, dan teman-teman baru. Jika ditarik lebih jauh, konteks ta’aruf dapat diartikan pula sebagai pengenalan nilai-nilai, kebiasaan, tradisi budaya, pun demikian dengan norma-norma yang berada di dalamnya. Dalam konteks ini, ta’aruf SMPIT Darul Abidin dibingkai dalam sebuah kegiatan yang dirancang untuk mempercepat penyerapan nilai-nilai dan kebiasaan bagi mereka yang baru saja bergabung.

Hari Pertama
Sejak pagi, peserta ta’aruf dikumpulkan di lapangan dalam kondisi berbaris berdasarkan kelas. Untuk kemudian diberikan pengarahan awal untuk upacara pembukaan pagi itu. Usai upacara pembukaan, dilakukan pengecekan barang bawaan oleh seluruh anggota Osis yang ikut terlibat dalam kegiatan ini. Seperti tunas pohon, name tag, minuman, snack, nasi-sayur-lauk dan buah untuk makan siang, alat tulis, hingga kado berbungkus koran untuk acara tukar kado di keesokan harinya.

Pukul 08.00 wib tepat kegiatan kemudian berpindah ke aula atas dan aula bawah gedung SMPIT Darul Abidin untuk melaksanakan shalat dhuha bersama. Dari sini pengenalan nilai dan kebiasaan di mulai. Dimulai dari mengantri untuk mengambil wudhu, rapih dan tertib dalam shaf, dan berlatih menghargai orang yang berbicara di depannya. Untuk di ketahui, kegiatan shalat dhuha di SMPIT Darul Abidin dimulai dengan shalat dhuha bersama, diikuti dengan membaca Al-Qur’an, dan diakhiri dengan mendengarkan kultum dari siswa.

Selanjutnya para siswa melakukan class moving workshop di empat tempat yang berbeda, dimana masing-masing tempat akan diisi dengan materi-materi yang beragam. Di tempat pertama, aula atas, akan ada materi tentang Mind Mapping. Di tempat kedua, aula bawah, diisi dengan materi psikologi, yang bertemakan “Mengapa Kita Beda? dan Kita adalah Bintang!”. Di tempat ke tiga, di perpustakaan, akan diberikan sosialisasi peraturan-peraturan di sekolah. Dan terakhir di tempat ke empat, di lobi, para siswa akan di ajak untuk berkeliling ke sekitar lingkungan SMPIT Darul Abidin.

Kegiatan di atas kemudian di potong istirahat pada pukul 10.00 wib. Dan kemudian kembali berlanjut hingga mendekati waktu dzuhur dan para siswa diajak shalat berjamaah di masjid. Seusai itu, para siswa akan di ajak untuk bermain dalam Leadership game yang bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan dalam hal pengambilan keputusan dan juga bertujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai persahabatan.

Ada 4 game yang akan dimainkan oleh para siswa. Diantaranya ialah game menggabar sesuai arahan pemimpin, kemudian game membangun ruang segitiga dengan supit sesuai instruksi yang diberikan oleh anggota Osis. Ada juga game Ular Naga dengan 2 kelompok besar. Dan terakhir game menterjemahkan komunikasi melalui gambar. Udai bermain-main bersama, acara dilanjut dengan pengenalan ekskul yang ada di sekolah dan yang akan diikuti oleh para siswa nantinya, dimana hukumnya adalah sunnah, yang tertarik diperbolehkan untuk ikut. Hingga saat ini, ekskul yang ada di SMPIT Darul Abidin diantaranya adalah ekskul basket, futsal, taekwondo, kuliner, manga, dan kriya.

Tepat waktu adzan ashar, para siswa bergegas untuk melaksanakan sholat di masjid. Hingga kemudiaan berkumpul kembali di lapangan untuk mengikuti upacara penutupan. Acara diakhiri dengan berbaris dan meninggalkan lapangan dan kemudian melakukan salam-salaman secara bergiliran dengan anggota Osis dan para guru-guru. Meski nampak lelah di wajah mereka, sorot mata mereka rupanya tak sedikitpun padam untuk mempersiapkan diri datang kembali di kegiatan ta’aruf esok harinya.

Bersambung....

Baca artikel lebih banyak di: lensadarbi.blogspot.com   atau di: lensadarbi2.blogspot.com

No comments:

Post a Comment