Tuesday 31 July 2012

Selamat Berjuang & Sukses

Selamat berjuang anak-anakku (Muflihatul Khoiriyah, Rafly Mujadi, Dhipo Satrio, Hasna Salsabila, Zahratul Aliifah Saumi, Qibty Almayra, T.M. Hafidz Adzzikri, Fanny Eka Putri, Syahid Izatuddin, Muhammad Aldo Farizky, Annisa Kusuma Wardani, Nizam Azhar, Labib Ryandi Mangaweang, Mutiara Rahmah Amari, Dhia Ticha Pertiwi, M. Nauval) pada Australian Mathematics Competition yang akan dilaksanakan Kamis, 2 Agustus 2012. Semoga kerja keras dan usaha kalian membuahkan hasil.... Ikhtiar dan doa sudah dijalani, sekarang saatnya menyerahkan hasil kepada Sang Khalik... SUKSES dan TERUS UKIR PRESTASI!


Australian Mathematics Competition (AMC) adalah sebuah kompetisi matematika yang berskala Internasional yang diselenggarakan oleh Australian Mathematics Trust sejak tahun 1978. Organisasi ini bersifat non-profit yang didalamnya terdiri dari Asosiasi Guru Matematika di Australia serta Perkumpulan Matematika di Australia. Melihat kepada tujuan dari organisasi ini, yaitu untuk memberikan pemahaman akan pentingnya pengetahuan tentang Matematika sejak dini serta untuk melihat potensi yang dimiliki oleh para siswa dalam Matematika, maka Mathematics Education Clinic (Klinik Pendidikan MIPA) bekerjasama dengan Australian Mathematics Trust untuk mengadakan Australian Mathematics Competition bagi siswa-siswi di Indonesia.

JENJANG KELAS
Australian Mathematics Competition dibagi berdasarkan beberapa tingkatan, mulai dari kelas 3 SD hingga 3 SMA yang dikelompokkan berdasarkan jenjang kelas.

MATERI SOAL DAN PENILAIAN
Jumlah soal yang diberikan pada AMC ini adalah sebanyak 25 soal pilihan berganda dengan 5 kemungkinan jawaban dan dilanjutkan dengan 5 soal isian singkat. Seluruh materi akan menggunakan Bahasa Inggris, sedangkan untuk tingkat SD masih diberikan terjemahan soal dalam Bahasa Indonesia. Waktu pengerjaan adalah 60 menit untuk tingkat SD dan 75 menit untuk tingkat SMP dan SMA. Soal diberikan dari yang paling mudah dan terus berjenjang hingga yang sulit. Soal no.1 hingga 10, masing-masing bernilai 3, sedangkan untuk soal no.11 hingga 20, masing-masing bernilai 4, dan soal no.21 hingga 25, masing-masing bernilai 5. Soal no.26 hingga 30 bernilai 6, 7, 8, 9, dan 10 secara berurutan. Tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban yang salah. Nilai maksimal yang mungkin didapatkan seorang peserta adalah 135.
PERALATAN
Penggunaan alat hitung (kalkulator), tidak diperkenanakan. Penggunaan kamus diperbolehkan setelah sebelumnya diperiksa oleh pengawas. Seluruh jawaban harus menggunakan pinsil 2B dengan persiapan penghapus yang diperuntukkan bagi pinsil 2B.


PENGHARGAAN
Hasil pekerjaan dari seluruh dunia akan dikirim ke Australian Mathematics Trust, Australia dan akan diperiksa dalam waktu +/- 60 hari kerja. Seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat serta penilaian atas hasil pekerjaan dengan kriteria:
- PRIZE diberikan kepada satu diantara 300 peserta di tingkatan kelasnya.
- HIGH DISTINCTION diberikan kepada 2% peserta terbaik di tingkatan kelasnya.
- DISTINCTION diberikan kepada 15% peserta terbaik di tingkatan kelasnya.
- CREDIT diberikan kepada 50% peserta terbaik di tingkatan kelasnya.
- PROFICIENCY diberikan kepada peserta yang mencapai minimal nilai yang ditentukan,  

  namun tidak mendapat penghargaan CREDIT atau yang diatasnya.
- PARTICIPATION diberikan kepada peserta lainnya.
- PRUDENCE diberikan kepada peserta dengan jawaban benar berurutan tertinggi.
- MEDALS diberikan kepada 1 diantara 10.000 peserta dikelas 7 (Junior) atau diatasnya  
  secara menyeluruh (internasional)
- Peter O’Halloran Award diberikan kepada peserta dengan Perfect Score.


TUJUAN KERJASAMA DENGAN TEMPAT PENYELENGGARA AMC
Penyelenggara AMC 2012 yang ditunjuk oleh Mathematics Education Clinic (Klinik Pendidikan MIPA) harus menyadari sepenuhnya bahwa kegiatan ini diselenggarakan bukan untuk mencari keuntungan, namun untuk menambah wawasan dan memberikan kesempatan mengikuti kompetisi matematika yang berskala internasional kepada siswa-siswi Indonesia.

Division adalah pembagian tingkatan kelas dengan kriteria:
a. Kelas 3 dan 4 Division : Middle Primary
b. Kelas 5 dan 6 Division : Upper Primary
c. Kelas 7 dan 8 Division : Junior
d. Kelas 9 dan 10 Division : Intermediate
e. Kelas 11 dan 12 Division : Senior

No comments:

Post a Comment